dua hari mbenahin traffic jaringan

sejak hari rabu, biasanya banyak yang online sampe sore hari. Namun sejak rabu dan kamis aku perhatikan di jaringan internet, hanya ada beberapa yang online. Kemudian di benakku muncul perasaan, mesti ini ada sesuatu yang nggak beres di jaringan internet ku (sekolahan). Ternyata setelah aku tanya beberapa guru dan siswa, memang bener bahwa Internetnya ada masalah. Tidak bisa konek, koneksinya putus-sambung yang bikin nyebelin, kalo coba browsing sangat lambat, buka halaman website terasa berat.

ini  nggak boleh dibiarkan karena akan banyak kerugian yang terjadi misalkan: siswa tidak bisa menambah pengalaman dalam mencari informasi, tidak dapat mendaftar snmptn online, demikian juga guru tidak dapat mengupdate pengetahuan mencari bahan-bahan ajar, browsing mencari tutorial-2, mungkin juga tidak bisa mengunduh software-2 yang gratis, mengupdate software, mengupdate status, kerugianpun juga akan dialami bagian administrasi tata usaha yang kesulitan untuk mengirim email, bkk kurang menjadi lancar dalam pengiriman hasil rekruitment secara online. Masih ada pula kerugian di bagian entri data, baik itu data ujian nasional, data passmk dan dapodik… Pokoknya buanyaak banget kerugiannya..

dengan memandang hal tersebut, aku tidak bisa diam walaupun tampak diam karena tidak beranjak dari meja. Langsung secara reflek aku telephone ISP laporan keluhan sekaligus agar mbantuin kendalaku. lumayan pula nyedot pulsa.. Setelah itu aku langsung ngecek traffic lagi aku coba naikin bandwidth hingga mencapai unlimited, namun total traffic masih terlalu rendah yaitu di bawah 1,5mbps padahal harusnya nyampai 3mbps.. Memperhatikan pool yang ada di winbox tinggi, aku refresh bagian dhcp server dengan cara menghapus Client yang sedang masa idle dan tidak ada aktivitas. Proses satu persatu tampilan aku cermati. Harus memutar otak mencari solusi, agar berjalan dengan baik.. Namun masih buntu.. Demikian pula dari penyedia layanan unternet juga mencari solusi.. Hari kamis ini ternyata belum sempurna.. Waktu sudah sore.. Lanjutin hari jumat

hari jumat telah tiba.   aku sengaja datang lebih awal dan langsung keluarkan senjata laptopku untuk cek jaringan di dalam aula, namun sinyal sangat lemah karena di aula belum ada akses point.. Walaupun belum memenuhi standar penangkapan signal di aula, aku tetap coba cek jaringan sampai guru2 pengawas ujian pada datang. Kemudian aku lanjutin setelah ngawas ujian. Sori belum usai..

sehabis ngawas.. Laptopku aku bawa ke ruang guru dan mencoba cek jaringan muterin jalur kabel mungkin ada gangguan atau kalo adakabel yang putus, maklum karena ada pemasangan kabel jaringan cctv baru, ternyata nggak ada masalah.. Terus aku lanjutin sehabis sholat jumat. Aku langsung buka laptop duduk di kursi telhpone ke ISP, disarankan untuk menggunakan lewat jaringan kabel.. Dengan kabel koneksi lebih cepat. Selanjutnya aku restart seluruh akses point mulai dari lab kopi, bengkel mesin bawah, bengkel mesin atas, ruang perpust, ruang tata usaha, ruang bendahara, ruang kepsek, server cctv, kembali turun ke bengkel otomotif lalu ruang guru, total ada 10 akses point. Sekali lagi tanpa ada orang yang mengetahui kegiatanku. Tahu-tahu sudah jam 15.30 aku juga belum makan siang, cabut dulu dah… Besok lagi .. Nyiapin entri data dapodik passmk.. Masih banyak masalah.. Tetap semangat walaupun nggak ada penghargaan..

Tinggalkan Balasan

