sempat terhenti beberapa hari

Beberapa hari sempat terhenti..

pekerjaan terkadang membikin kepenatan hingga memuncak. Dari mulai mengajar rutin, membenahi jaringan internet hingga proses entri data. Rutinitas mengajar merupakan tantangan tersendiri dari pagi hingga siang hari yang tidak bisa ditawar-tawar lagi serta ditambah dengan administrasi mengajar termasuk memberi evaluasi hingga memberikan nilai, selalu memakan waktu yang banyak. Beberapa hari yang lalu siswa melakukan ujian setelah ujian diadakan proses penilaian, mulai koreksi hingga membikin laporan nilai yang diserahkan ke bagian kurikulum.. Sembari koreksi, melakukan Test koneksi jaringan sebab ada keluhan mengenai jaringan yang ngadat. Saat itu aku berada di aula, aku mencoba koneksi dengan wifi yang ada.. Ternyata memang benar bahwa koneksi tidak lancar dan penyebabnya signal wifisangat lemah.. Aku mengajukan perangkat akses point untuk aula ke bagian sarana dan prasarana.. Sebenarnya sudah lama rencana untuk memasang alat wifi tetapi belum terealisasi dan informasinya akan segera dibelikan..

kepenatan bertambah ketika harus entri data dapodikmen. Proses entri data dari pengumpulan data, memilah data, menyusun kembali agar dapat dientrikan serta melakukan sinkronisasi ke jakarta. Pengumpulan data dari masing-masing kelas membuat capek dan kewalahan yang sebenarnya aku pengin ketika masuk awal siswa baru sudah mulai prosesnya.. Namun terkesan itu hanya keinginanku.. (mungkin nggak ada duitnya kali.. Hax3) aku harus berpikir banyak bagaimana agar data dapat terkumpul.. Bekerjasama dengan kesiswaan kami berhasil membuat form data siswa dengan excel yang diserahkan ke masing-masing wali kelas.. Hal ini dilakukan karena wakasek kesiswaan juga mengalami kendala yang sama yaitu ketika diminta data per anak komplete oleh dinas secara mendadak.. Lumayan bisa terkumpul sebagian.. Trims kasih pak iwan atas kerjasamanya.. Selebihnya aku harus input satu-persatu data siswa.. Aku harus lembur sekitar dua hari untuk melengkapi data ini dengan dibantu siswa-siswaku yang hebat-hebat.. Arifin, gabriel, dll serta temen sejawatku pak elia.. Sedangkan data guru dan karyawan aku dibantu pak taryo dari tata usaha. Semoga bantuannya mendapat balas dari Allah SWT.. Selanjutnya proses pemilahan dan pemilihan data sesuai kebutuhan data yang dibutuhkan pada program dapodikmen PASSMK aku lakukan sendiri.. Lumayan memakan waktu pula ternyata masih banyak pula yang belum lengkap sehingga aku mengambil data seadanya.. Kemudian aku mulai menyusun data-data yang bisa digunakan dengan mengkonversi data2 tulisan menjadi deretan angka maupun sebaliknya.. Lalu mensinkronisasi dengan program pusat.. Gagal sinkron sudah makanan harian, termasukdata yang hilang dan harus menyusun ulang.. Baik data siswa, guru maupun karyawan harus disinkron ke pusat.. Untung di rumah ada internet jika tidak, aku bisa bermalaman terus di sekolahan.. Begitu penatnya hari-hariku sehingga muncul prasangka-2.. Semoga sistem yang ada bisa menjadi lebih baik lagi.. Dan aku kan perbaiki sehingga nggak ada lagi yang namanya lembur, kalo ada pun ya sesekali.. Kalo tiap hari lembur ini bukan lembur tapi nggak bisa kerja..

 

aku tulis ketika aku nunggu anakku periksa ke dokter dari jam 18.30

Tinggalkan Balasan

